Pengaruh Politik Kuno Terhadap Sistem Politik Modern

Sisa-sisa Reruntuhan Republik Romawi

Kebanyakan orang percaya bahwa sistem politik kuno tidak berperan pada politik dunia modern dan postmodern. Keyakinan umum yang berlaku bahwa pada zaman kuno sebagian besar perilaku manusia lebih condong ke arah barbar dan selalu berperang satu sama lain, sehingga sering diabaikan. Apakah ini asumsi yang benar atau adakah sesuatu yang bisa kita pelajari tentang politik dari jaman dahulu?

Awal-awal pembentukan Sistem Politik

Peradaban Barat paling awal bentukannya adalah teokratis, tetapi model itu menjadi usang dengan munculnya peperangan. Menang dalam pertempuran membutuhkan kepemimpinan militer dan kekuatan yang dihasilkan oleh keberhasilan seorang pemimpin dalam menyebabkan evolusi kerajaan sebagai pusat kekuatan sipil di negara bagian. Langkah berikutnya dalam evolusi pemerintahan adalah monarki, yang menggabungkan otoritas turun-temurun ke dalam model kerajaan. Monarki adalah bentuk pemerintahan yang paling umum sebelum masa Pencerahan abad ke-18. Mereka bertahan karena negara otoriter dapat mengelola masyarakat secara efisien dan, pada saat yang sama, melindungi statusnya.

Di tengah monarki yang merambah dunia kuno, berdiri dua model yang akan menjadi pertanda politik modern: Demokrasi Yunani dan Republik Romawi. Pemerintah-pemerintah ini adalah inovasi terbesar dan tertua dalam penerapan kebebasan dan hak asasi manusia.

Pegunungan Yunani adalah tempat yang tepat untuk demokrasi. Mereka membagi lanskap Yunani menjadi ruang-ruang kecil yang bertindak sebagai inkubator untuk pengembangan sistem politik berbasis hak. Setelah peradaban Mycenean berakhir, semenanjung Yunani turun ke periode zaman kegelapan, di mana kemajuan politik dan sosial terhenti. Kemudian perlahan-lahan, komunitas-komunitas kecil yang diperintah oleh rakyat mulai berkembang. Komunitas-komunitas ini memblokir upaya orang kaya untuk mendapatkan akses terhadap kekuasaan, menjaga kendali politik agar tetap di tangan publik. 

Polis berkembang menjadi bentuk standar pemerintahan di seluruh Yunani setelah 700 SM. Setiap Polis mengembangkan karakteristiknya sendiri sebagai institusi demokrasi. Belakangan, Athena menjadi yang paling terkenal, karena ukuran dan pengaruhnya atas semenanjung Yunani. Athena mengembangkan bentuk demokrasi terakhirnya setelah periode tiran dan godaan republikanisme di bawah Solon. Titik puncaknya terjadi selama apa yang disebut “Zaman Keemasan”, pada abad kelima SM, ketika Pericles menjadi pemimpinnya.

Zaman Keemasan juga merupakan awal dari akhir bagi Athena, karena dia akan segera dikalahkan oleh Sparta dalam Perang Peloponnesia. Struktur Polis telah melemah dan munculnya kaum sofis mengantarkan fokus baru pada individu, menggantikan kesatuan budaya yang telah ada sebelumnya. Hanya 60 tahun setelah perang Peloponnesia, Philip dari Makedonia (ayah Alexander) menaklukkan semenanjung Yunani dan Polis lenyap.

Kisah Roma sangat berbeda. Roma dimulai sebagai komunitas puncak bukit yang didirikan di dekat sebuah arungan di Sungai Tiber, di bagian Italia yang dikenal sebagai Latium. Suku-suku awal Roma adalah petani. Roma jauh dari laut, dan penduduknya tidak memiliki sejarah perdagangan laut, jadi daratan adalah asetnya yang paling berharga. Roma awal dipengaruhi oleh peradaban Etruscan yang berada di dekatnya. Adat dan struktur pemerintahannya dengan mudah diadopsi oleh orang Romawi. Dua raja awal pemimpin Roma merupakan orang Etruria.

Sistem Republik di Romawi

Roma tidak bisa mentolerir monarki. Hingga akhirnya membuang raja terakhir pada 509 SM dan merubah sistem negaranya menjadi republik. Kata republik berasal dari bahasa Latin res publica, atau "sesuatu dari rakyat". Hal ini dari orang-orang Romawi adalah hak yang mereka peroleh melalui majelis rakyat. Republik menampilkan cabang eksekutif yang terdiri dari hakim terpilih, yang dipimpin oleh sepasang konsul. Cabang legislatif terdiri dari Senat dan majelis rakyat. Majelis dapat mengesahkan undang-undang tetapi tidak mengusulkannya. Senat dapat mengusulkan undang-undang tetapi tidak memberikan suaranya.

Pada hari-hari awal republik, Roma didominasi oleh kelas bangsawan kaya. Keturunan dari tiga suku Romawi asli, bangsawan, pemilik uang/modal memiliki kekuasaan di republik. Plebeian tidak memiliki hak pada awalnya, tetapi melalui upaya terorganisir, mereka memenangkan perluasan hak mereka sendiri. Mereka berjuang untuk perwakilan cabang eksekutif, sehingga tribun perguruan tinggi dibuat. Mereka menuntut hukum tertulis, jadi dua belas tabel dipasang di Forum. Mereka menuntut akses ke semua kantor terpilih dan ini juga diberikan oleh Senat dari waktu ke waktu. Apa yang membuat republik Romawi bekerja adalah kesediaan Senat untuk memberikan hak kepada semua warga negara. Kenyataan itu mencegah ketidakstabilan dan memungkinkan Roma untuk makmur.

Tapi republik itu tidak mampu bertahan. Setelah 400 tahun, mulai runtuh karena kesalahan Senat, pemerintahan yang tidak efisien, dan perluasan wilayah, yang membutuhkan pasukan besar. Sampai akhir abad kedua SM, Roma memiliki tentara rakyat seperti; petani ikut pergi berperang.

Pada 107 SM, Gaius Marius, jenderal terkemuka di republik, menciptakan tentara profesional. Hal ini menyebabkan para prajurit mengalihkan kesetiaan mereka dari Senat kepada komandan mereka. Sekarang jenderal manapun, dengan nafsu akan kekuasaan, dapat membengkokkan tentara sesuai keinginannya dan menggulingkan pemerintah. Ketakutan itu menjadi kenyataan ketika Julius Caesar menjadikan dirinya diktator permanen, yang menyebabkan runtuhnya republik.

Sistem Politik Amerika Serikat

Para pendiri Amerika Serikat mengetahui kisah-kisah Athena dan Roma. Sebagian besar dapat berbicara bahasa Latin dan Yunani, dan mereka telah membaca sejarah zaman kuno dalam bahasa aslinya. Ketika tiba saatnya untuk membuat Konstitusi Amerika, mereka berpikir panjang dan keras tentang desain pemerintahan baru mereka. Amerika Serikat akan menjadi negara "baru" pertama dalam seribu tahun terakhir peradaban Barat, tetapi bagaimana bentuk pemerintahannya?

Para pendiri melihat model Yunani dan Roma sebagai template pembentukan sistem pemerintahan. Dalam waktu singkat, model Yunani dianggap tidak cocok dengan sistem pemerintahannya. Polis itu cukup kecil sehingga warga bisa menghadiri pertemuan majelis dan memberikan suara. Ini tidak mungkin dilakukan di wilayah sebesar tiga belas koloni. Pemerintahan baru harus dibangun di atas perwakilan; pejabat terpilih yang mewakili warga negara.

Para pendiri memiliki pengalaman dalam pemerintahan kolonial untuk memanfaatkan dan mereka memahami Konstitusi Inggris. Mereka memutuskan bahwa mengadaptasi republik Romawi ke Amerika akan menjadi pendekatan yang paling logis. Selama Konvensi Konstitusi, desain setiap cabang pemerintahan diperdebatkan. Ada kesepakatan awal tentang Badan Legislatif yang akan berisi kelas atas "sepuh" dan majelis rakyat. Ada negosiasi panjang tentang bagaimana badan legislatif harus dibentuk dan bagaimana para wakil harus dipilih. Keseimbangan dicapai dengan memiliki dua senator per negara bagian dan majelis ditentukan oleh distribusi penduduk. Senator akan dipilih oleh negara bagian dan perwakilan langsung oleh rakyat.

Cabang eksekutif juga menjadi bahan perdebatan panjang. Bagaimana ketua hakim (presiden) dipilih dan untuk berapa lama? Pada akhirnya, para delegasi memilih masa jabatan presiden selama empat tahun dengan presiden dipilih oleh negara bagian masing-masing.

Para pendiri memandang pemerintahan baru sebagai republik, negara republik. Negara bagian akan berbagi kekuasaan dengan pemerintah Federal tanpa tumpang tindih yurisdiksi. Para pendiri percaya bahwa terlalu banyak demokrasi itu berbahaya: bahwa masyarakat dapat dipengaruhi untuk memilih seorang tiran. Lebih baik memiliki legislatif senior dan presiden dipilih oleh negara bagian. Mereka juga memperebutkan kekuasaan pemerintah Federal. Beberapa menginginkannya, hanya berfungsi di area yang tidak sesuai untuk negara, seperti perjanjian dengan pemerintah asing. Yang lain menginginkannya jauh memiliki lebih banyak suara, berpikir bahwa politisi profesional dari kelas elit akan menjadi manajer terbaik negara.

Pendiri Amerika belajar banyak dari pemerintahan kuno Yunani dan Roma. Mereka bisa membaca tentang dampak warga negara dalam partisipasi politik langsung di pemerintahan. Mereka memiliki kemampuan untuk menganalisis sistem yang gagal sehingga mereka dapat menghindari masalah yang sama.

Perdebatan tentang struktur pemerintahan Amerika terus berlanjut dari masa Konstitusi hingga saat ini. Selama perjalanan waktu, pemerintah Federal telah tumbuh secara eksponensial, karena permintaan untuk program-programnya meningkat, pengadilan telah mengakomodasi pergeseran peran pemerintah Federal menjadi satu sebagai juru kunci bagi masyarakat, dan budaya sosial Amerika telah sangat berubah. Tidak ada pedoman bagaimana menyesuaikan sistem politik dengan jenis perubahan ini, tetapi sejarah memandu ke arah yang harus kita ambil sekarang.

Pencerahan membuat kita percaya bahwa hak individu itu penting. Konsep itu memungkinkan demokrasi mengambil alih dunia sebagai sistem politik ideal. Orang dahulu mengajarkan kita tentang nilai tradisi yang diterapkan pada masyarakat yang berubah. Tradisi harus dijadikan pedoman untuk bergerak maju, karena terlalu banyak perubahan menciptakan ketidakstabilan. Revolusi Prancis memperingatkan kita apa yang bisa terjadi ketika semua tradisi dibuang.

Mengapa studi tentang sistem politik kuno penting? Jawabannya terletak pada kenyataan bahwa semua masyarakat manusia adalah eksperimen dalam moralitas publik yang dibangun oleh konsensus moralitas individu warganya.

Manusia tidak berevolusi untuk hidup di antara orang asing; ia berevolusi untuk hidup di antara kelompok-kelompok kekerabatan kecil. Tidak ada mekanisme sosio-psikologis manusia untuk mengatasi hidup dalam masyarakat, sehingga setiap iterasi menjadi model yang unik. Kecemerlangan orang dahulu adalah bahwa ide-ide mereka dapat mengakomodasi masyarakat postmodern. Orang dahulu memahami sifat manusia dengan cukup baik untuk menciptakan model yang tidak lekang oleh waktu dan berfungsi kapan saja dan di mana saja.


Bagikan: